Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Korupsi Minyak Goreng, Dirjen Kemendag dan 3 Tersangka Korupsi Ekspor Minyak Goreng Ditahan! Ini Daftarnya.

Kimsanindo.com-Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan di tetapkan sebagai tersangka kasus korupsi ekspor minyak goreng oleh kejaksaan agung. Kejaksaan agung juga menetapkan 4 tersangka lainya dalam kasus ini. Para tersangka menyebabkan kerugian dan kelangkaan minyak goreng karena eksportir tidak memenuhi kebijakan pemerintah dengan mengalokasikan dua puluh persen untuk kebutuhan dalam negri tetapi tetap mendapat persetujuan eksportir dari pemerintah.


“Jaksa penyidik telah menetapkan tersangka dengan perbuatan melawan hukum yang dilakukan tersangka adalah satu, adanya permufakatan antar pemohon dengan pemberi izin dalam proses penerbitan bertujuan ekspor. Kedua, dikeluarkanya persetujuan ekspor kepada eksportir yang seharusnya ditolak, ditolak izinya karena tidak memenuhi syarat...” ungkap Jaksa Agung, ST Burhanudin.


Dua alat bukti yg telah diterima kejaksaan agung sudah bisa digunakan untuk menunjuk tersangka kasus korupsi eksportir minyak goreng ini. Penyelidikan sudah dilakukan sejak 14 Maret 2022, lalu tanggal 24 April 2022 kasus dinaikan ke tahap penyelidikan serta didapatkan sembilan belas orang saksi yang telah diperiksa, 596 dokumen penting dan surat terkait serta keterangan para ahli.

Pemberian fasilitas ekspor CPO dan turunanya sejak Januari 2021 sampai 2022, memberikan dampak kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng yang dirasakan masyarakat indonesia hingga sekarang ini.

Berikut adalah daftar tersangka kasus fasilitas eksportir minyak goreng yang telah ditetapkan kejaksaan agung:

1. (IWW) Dirjen Perdagangan Luar Negri Kementrian Perdagangan.

2. (SMA) Senior Manager Corporate Permata Hijau.

3. (MPT) Komisiaris Wilmar Nabati Indonesia, dan

4. (PT) General Manager bagian General Affairs Musim Mas.

Para tersangka dalam kasus eksportir ini diketahui telah ditahan ditempat yang berbeda sesuai dengan surat penahanan.

Posting Komentar untuk "Korupsi Minyak Goreng, Dirjen Kemendag dan 3 Tersangka Korupsi Ekspor Minyak Goreng Ditahan! Ini Daftarnya."