Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran IndiHome dalam Ruang Lingkup Pendidikan Jarak Jauh

“Haduh, gimana nih deadline nya bentar lagi”

“Yaelah lama banget sih loadingnya”

Ungkapan diatas adalah sebuah kalimat yang sering muncul dari teman – teman kampus, bahkan dulu Saya sendiri pernah beberapa kali melontarkan kalimat tersebut.

Halo reader, Saya adalah seorang mahasiswa yang juga berprofesi sebagai karyawan di sebuah perusahaan manufactur. In this article,  Saya akan menuangkan beberapa pengalaman pribadi terhadap manfaat internet yang sudah menjadi kebutuhan primer Saya hingga sekarang ini di dunia Pendidikan.

Saat ini Saya sedang menempuh belajar di salah satu perguruan tinggi negeri berbasis perkuliahan jarak jauh (daring) terbesar di Indonesia. Jauh sebelum pandemic Covid 19 melanda, kampus kami sudah memulai terlebih dahulu pembelajaran berbasing daring ini. Oleh karena itu, kebutuhan internet merupakan hal wajib yang harus Saya miliki untuk menunjang perkuliahan. IndiHome menjadi prioritas utama Saya ketika memilih sebuah tempat tinggal sementara (karena Saya seorang perantau) dan markas untuk belajar. “Harus ada fasilitas IndiHome”, itulah yang muncul di benak Saya Ketika memutuskan menyewa tempat tinggal sementara. Kebutuhan dan ketergantungan terhadap internet yang cepat serta stabil sudah ibarat makan nasi yang wajib ada disetiap harinya.

Tidak hanya internet saja, akan tetapi paket layanan dari IndiHome  3-in-1 (internet, tayangan TV berbayar dan saluran telepon) yang digunakan di tempat tinggal Saya saat ini juga memberikan kenyamanan tersendiri untuk profesi Saya sebagai karyawan,  misalnya saja untuk berkomunikasi dengan client melalui telepon rumah. Tidak heran apabila Telkom Indonesia dianggap berhasil mewujudkan keinginan masyarakat Indonesia melalui bentuk paket layanan 3-in-1 ini.

 

Sumber : https://goldenspikecompany.com/paket-indihome-terbaru/

Pernah ada kejadian lucu sekaligus menegangkan yang terjadi kepada teman kuliah Saya. Waktu itu ada sebuah presentasi kelompok mahasiswa bersama dengan dosen melalui platform aplikasi meeting online, dan kebetulan waktu itu adalah giliran kelompok kami untuk melakukan presentasi. Awal presentasi semuanya terlihat berjalan dengan lancar, tiba – tiba hujan turun dan mengakibatkan signal data Internet teman Saya yang sedang melakukan presentasi mengalami gangguan, alhasil presentasi menjadi terhambat dan tidak jelas pembahasanya. Padahal waktu itu mata kuliah tersebut diampu oleh dosen yang tergolong ‘killer’ di kampus kami. Alhasil, presentasi kelompok kami diundur ke minggu yang akan datang.

Guys kalian tau ngga, kemarin waktu presentasi yang signal gue ilang gegara ujan, gue muter kesono-kesini nyari tetangga yang punya provider beda buat minta hospot, tapi semua tetangga deket & keluaga gue ternyata pake provider yang sama kaya gue! Ya tuhann!”, kata teman Saya yang saat itu bercerita sambil sedikt menangis dan tertawa lewat voice note di grup chatting obrolan kami.

Yang Saya dengar, setelah  kejadian itu teman Saya menyampaikan kepada orang tuanya tentang hal tersebut, alhasil IndiHome menjadi pilihan dari keluarga teman Saya saat itu karena sudah terbukti dan terpercaya dalam menangani kebutuhan Internetnya Indonesia yang lancar dan stabil.

Basically, kebutuhan internet dalam dunia pendidikan merupakan hal yang sudah tidak dianggap tabu lagi di era digitalisasi ini. Lain halnya dengan periode tahun – tahun dulu sebelum mengalami perkembangan yang sangat signifikan seperti sekarang ini, yang mana pada saat itu internet sulit untuk diakses oleh masyarakat dan rentang biaya yang dirogoh untuk pembelian data internetpun masih tergolong cukup mahal.

Sumber: Facebook image Universitas Terbuka

IndiHome hadir membawa angin segar untuk masyarakat Indonesia khusunya dalam hal kebutuhan internet karena manfaat internet dari IndiHome dianggap praktis sebab dapat menyesuaikan dengan kebutuhan para pengguna melalui paket – paket yang dipilih. Yang perlu di tegaskan kembali, bahwa IndiHome memiliki Security Extra dalam hal perlindungan tindak hack serta  Anti Virus Digital.

Kesimpulanya, IndiHome telah memberi dampak positif dan fleksibilitas yang sangat besar terhadap perkuliahan daring yang sedang Saya tempuh saat ini, manfaat internet dari IndiHome Saya anggap berperan hingga wisuda kelulusan nanti. Teman – teman reader, itulah beberapa pengalaman pribadi Saya mengenai peran IndiHome dalam Ruang Lingkup Pendidikan Jarak Jauh, sampai jumpa lagi!

 


18 komentar untuk "Peran IndiHome dalam Ruang Lingkup Pendidikan Jarak Jauh"

  1. Wuih mahal indihome

    BalasHapus
  2. Like comment subreks

    Artikel nya bagus bagus

    BalasHapus
  3. Artikelnya membantu,kita jadi tau tentang Indihome.

    BalasHapus
  4. banyak yang bilang Indihome bagus dan recomended, abis baca ini pake indihome deh ⭐⭐⭐⭐⭐

    BalasHapus
  5. Indihome emang paling Joss,,, walaupun bisa dibilang mahal namun sesuai dengan pelayanannya

    BalasHapus
  6. Artikelnya bagus, bahasanya gampang dipahami👍 ceritanya relate banget sama kehidupan sehari-hari yang sangat membutuhkan internet. Btw, Indihome emang pilihan internet yang tepat✨

    BalasHapus
  7. Artikelnya mantap....Indihome memang banyak memberi dampak positif

    BalasHapus
  8. Artikelnya sangat bermanfaat, dapat dipahami. Indihome pilihan internet 👍💯

    BalasHapus
  9. Bagus artikenya .. btw tempat kerjaku juga pake indihome

    BalasHapus
  10. Bismillah tahun depan punya wife *ehh wifi

    BalasHapus